Kenali 3 Masalah Kulit di Usia 30-an dan Cara Mengatasinya
Masalah kulit/ilustrasi. (Freepik).

Bagikan:

NUSA TENGGARA BARAT - Masalah kulit di usia 30-an wajib diketahui bagi Anda yang ingin memiliki kulit sehat ketika sudah menginjak usia kepala tiga.

Pasalnya, setelah memasuki usia 30 tahun, Anda mungkin akan mengalami lebih banyak kekeringan dan iritasi daripada sebeleumnya. Terlebih, jika muncul bintik-bintik aneh yang tidak diketahui dari mana asalnya.

3 Masalah Kulit di Usia 30-an

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, berikut beberapa masalah kulit yang kerap terjadi saat seseorang memasuki usia 30 tahun dan cara mengatasinya.

1.      Kulit Kusam

Perlu diketahui, pergantian sel kulit akan melambat sejak usia 20-an. Ketika mencapai usia kepala tiga, sel-sel kulit akan meregenerasi setiap 28-35 hari. Padahal saat masih muda, kulit melakukan regenerasi setiap 14 hari.

Kondisi ini membuat kulit terlihat kusam. Untuk mengatasinya, Anda disarankan melakukan eksfoliasi dua kali seminggu. Langkah ini dapat membersihkan sel-sel kulit mati secara manual dan dapat menampilkan sel kulit yang lebih baru dan lebih cerah.

2.      Kulit Kering

Lambatnya pergantian sel kulit mati juga membuat lapisan luar kulit lebih sulit untuk tetap lembap secara alami, sehingga kulit Anda akan terlihat kering.

Supaya terlihat lembap dan sehat, Anda disarankan untuk memasukkan produk pengelupasan kulit dengan asam alfa hidroksi, seperti glikolat, laktat, sitrat dan lain sebagainya.

Cari produk kecantikan dengan bahan tersebut dan gunakan ke dalam rutinitas mingguan untuk membantu pergantian sel.

Hanya saja, ketika sudah melakukan pengelupasan kulit dengan scrub, Anda tidak perlu lagi menambahkan AHA dan sebaliknya. Karena, pengelupasan yang berlebihan dapat memperburuk kekeringan. Oleh sebab itu, gunakan krim pelembab untuk menjaga kelembapan kulit.

3.      Mucul Flek Hitam di Wajah

Flek atau bintik hitam di kulit wajah kerap muncul saat memasuki usia 30-an. Penyebabnya tak lain adalah paparan sinar matahari selama puluhan tahun.

Terkait hal ini, Anda bisa merawat kulit wajah dengan retinoid. Senyawa ini akan memperbaiki kolagen dan perawatan perubahan warna kulit.

Baca terus VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan.