3 Film Indonesia Adaptasi Novel yang Wajib Ditonton, Keren Banget!
Tangkapan layar film Tenggelamnya Kapa Van der Wijck.

Bagikan:

NUSA TENGGARA BARAT – Untuk menghilangkan rasa suntuk, Anda bisa mengisi waktu luang di rumah dengan menonton film. Salah satunya adalah film Indonesia adaptasi novel.

Kendati adaptasi cerita dari novel ke film disebut dapat mengurangi substansi dan imajinasi penikmatnya, nyatanya, masih ada yang menganggap bahwa cerita-cerita yang ditampilkan bisa lebih apik jika dibuat dalam bentuk audiovisual.

3 film Indonesia adaptasi novel

Berikut kami sajikan informasi mengenai film Indonesia terbaik yang diangkat dari novel.

1.      Perahu Kertas

Film adaptasi novel karya Dewi Dee Lestari ini bercerita tentang pasang surut hubungan percintaan antara dua insan manusia, yakni Kugy (Maudy Ayunda) dan Keenan (Adipati Dolken).

Kisah cinta Kugy dan Keenan bermula saat mereka kuliah bersama di Bandung. Di sanalah mereka menjadi saling dekat.

Akan tetapi, baik Kugy maupun Keenan taka da yang berani mengungkapkan isi hatinya. Hal itu membuat hubungan mereka menjadi renggang.

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini diproduksi pada tahun 2012. Selain Adipati Dolken dan Maudy Ayunda, beberapa pesohor yang membintangi film ini antara lain Reza Rahardian, Titi DJ, Ben Kasyafani, August Melasz, dan lain sebagainya.

2.      Tenggelamnya Kapal Van der Wijck

Film besutan Sunil Soraya ini diadaptasi dari novel berjudul sama karangan Buya Hamka.

Film yang berlatar tahun 1930-an ini bercerita tentang sepasang kekasih yang saling mencintai namun jalinan asmara mereka dihalangi oleh perbedaan latar belakang sosial.

Adalah Zainuddin (Herjunot Ali), yang berlayar dari tanah kelahirannya Makassar, menuju kampung halaman ayahnya di Batipuh, padang Panjang. Di sana dia terpikat dengan Hayati (Pevita Pearce), seorang gadis cantik jelita yang menjadi bunga di perseukuannya. Akan tetapi, adat dan istiadat yang kuat merengut kebahagiaan cinta mereka berdua.

3.      Bumi Manusia

Bumi Manusia merupakan film yang diadaptasi dari novel Pramoedya Ananta Toer—seorang penulis legendaris Indonesia.

Film yang berlatarkan abad ke-20 ini bercerita tentang Minke, seorang pribumi yang berhasil masuk ke sekolah HBS. Tak hanya itu, kisah cintanya dengan Annealis pun memunculkan konflik.

Film Bumi Manusia disutradari oleh Hanung Bramantyo dan dibintangi oleh sejumlah aktor kenamaan seperti Iqbaal Ramadan, Mawar Eva, dan Giorgino Abraham.

Selain informasi film Indonesia adaptasi novel, simak berita terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan.