Waspada! Prakiraan Cuaca BMKG, Hujan akan Terjadi di Sebagian Besar Wilayah Indonesia
Warga berjalan menggunakan payung saat hujan di kawasan Kelurahan Gambir, Jakarta. beberapa waktu lalu. (Foto Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Di pertengahan bulan Desember ini prakiraan cuaca masih akan diwarnai dengan hujan dan mendung. Hujan berintensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia. Ini berdasarkan peringatan dini yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Sabtu.

Potensi Hujan berintensitas lebat dapat terjadi di Aceh, Kalimantan Timur, Lampung, Maluku Utara, Sumatera Utara.

Kemudian potensi hujan sedang-lebat disertai kilat/petir dan angin kencang diprakirakan terjadi di Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur.

Selain itu juga dapat terjadi di Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Tengah,Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.

Sementara potensi hujan disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat diprakirakan terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Timur.

Bersamaan dengan adanya fase bulan purnama dan kejadian curah hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia, dapat mengakibatkan terjadinya peningkatan ketinggian banjir rob yang lebih signifikan pada 18-22 Desember 2021.

Beberapa wilayah pesisir Indonesia diimbau untuk waspada terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum dan potensi banjir pesisir tersebut.

Peningkatan ketinggian pasang air laut tersebut, di antaranya di Belawan, Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Ternate, Halmahera, Papua Barat bagian utara, Papua bagian utara, serta Merauke.

Itulah prakiraan cuaca dari BMKG yang berlaku untuk haru ini Sabtu 18 Desember. Semoga bisa menjadi panduan bagi Anda yang akan berkativitas di luar rumah.