Warga NTB Diminta Waspadai Hujan saat Libur Tahun Baru Imlek 2022
Gambar perkiraan cuaca hujan tahun baru imlek (ANTARA/BMKG)

Bagikan:

LOMBOK TENGAH - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang saat libur Tahun Baru Imlek 2573 di sebagian wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Prakiraan cuaca khusus tahun Baru Imlek 2022 untuk wilayah wilayah NTB ini berlaku pada Selasa, 1 Februari 2022 pukul 08.00 Wita sampai Rabu, 02 Februari 2022 pukul 08.00 Wita," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid, Lombok, Gede Dedy Krisna dalam keterangan tertulisnya di Praya, Lombok Tengah, dilansir Anntara, Senin, 31 Januari.

BMKG memperkirakan potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah dan Lombok Timur.

Selain itu, untuk wilayah Pulau Sumbawa terjadi di Kabupaten Sumbawa Barat, Sumbawa, Kota Bima, Kabupaten Bima dan Dompu.

"Potensi hujan terjadi pada siang hingga malam hari," katanya.

BMKG juga mengimbau warga pengguna jasa angkutan dan penyeberangan laut atau yang berencana beraktivitas di pesisir maupun di wilayah perairan sekitar NTB, perlu mewaspadai adanya tinggi gelombang yang mencapai 2 meter atau lebih di di Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan, Perairan utara Sumbawa, Samudera Hindia selatan NTB, dan Selat Sape bagian utara dan selatan.

"Untuk seluruh masyarakat Nusa Tenggara Barat harap untuk tetap waspada dampak cuaca yang terjadi," katanya.