Ukraina Lancarkan Serangan Roket HIMARS Pemberian AS, Rusia Akui 63 Tentaranya Tewas di Donetsk
Ilustrasi militer Rusia di Ukraina. (Wikimedia Commons/Mil.ru)

Bagikan:

JAKARTA - Rusia mengakui 63 tentaranya tewas dalam serangan malam Tahun Baru yang dilakukan Ukraina, memicu kecaman keras terhadap kepemimpinan militer dari berbagai kalangan.

Rekaman yang diunggah online menunjukkan sebuah bangunan yang diklaim sebagai sekolah kejuruan di Makiivka, sebuah kota di bagian Provinsi Donetsk Ukraina yang dikuasai Rusia, hancur menjadi puing-puing.

Daniil Bezsonov, seorang pejabat senior regional yang didukung Rusia, mengatakan perguruan tinggi tersebut telah dihantam oleh roket HIMARS buatan Amerika Serikat (AS) sekitar tengah malam.

Empat roket yang ditembakkan dari peluncur HIMARS buatan AS menghantam lokasi tersebut, kata Kementerian Pertahanan. Dikatakan dua roket telah ditembak jatuh. Ukraina mengatakan jumlah korban tewas di Rusia mencapai 400 orang, meskipun pejabat pro-Rusia menyebut ini berlebihan.

Kementerian Pertahanan Rusia mengakui serangan itu hanya di paragraf terakhir dari ringkasan harian 528 kata, lebih dari 36 jam kemudian.

Serangan tersebut mendapatkan kritik dan kemarahan dari anggota parlemen Rusia pada Hari Senin. Pun demikian dengan blogger pro-perang juga melancarkan kritik, menilai selain gagal melindungi tentaranya, penempatan tentara dalam jumlah banyak di satu gedung dengan tempat penyimpanan amunisi juga dikecam.

militer rusia
Ilustrasi tentara Rusia di Ukraina. (Wikimedia Commons/Mil.ru/неизвестен)

Grigory Karasin, anggota Senat Rusia dan mantan wakil menteri luar negeri, tidak hanya menuntut pembalasan terhadap Ukraina dan aliansi NATO Barat, yang anggotanya telah mempersenjatainya, tetapi juga "analisis internal yang teliti".

Sementara Sergei Mironov, seorang legislator dan mantan ketua Senat, majelis tinggi Rusia, menuntut pertanggungjawaban pidana bagi para pejabat yang "mengizinkan konsentrasi personel militer di gedung yang tidak terlindungi" dan "semua otoritas yang lebih tinggi yang tidak memberikan tingkat keamanan yang layak. keamanan".

"Jelas baik intelijen maupun kontraintelijen atau pertahanan udara tidak berfungsi dengan baik," katanya dalam sebuah unggahan di Telegram, melansir Reuters 3 Januari.

Terpisah, blogger militer Rusia mengatakan kehancuran besar itu adalah hasil dari penyimpanan amunisi di gedung yang sama dengan barak, meskipun para komandan tahu itu berada dalam jangkauan roket Ukraina.

Seorang blogger pro-perang yang dikenal sebagai Rybar, dengan lebih dari satu juta pengikut di Telegram, mengatakan bahwa, selain sekitar 70 orang dipastikan tewas, lebih dari 100 orang terluka. Dia mengatakan sekitar 600 orang berada di dalam gedung.

Igor Girkin, mantan komandan pasukan pro-Rusia di Ukraina timur yang telah menjadi pengkritik militer Rusia, mengatakan di Telegram bahwa ada "ratusan" orang tewas dan terluka.

Seperti Rybar, dia mengatakan amunisi telah disimpan di perguruan tinggi, berpotensi menyebabkan kehancuran yang ekstrem, dan kehadiran militer tidak disamarkan.

Sementara Archangel Spetznaz Z, blogger militer Rusia lainnya dengan lebih dari 700.000 pengikut di Telegram, menulis:

"Siapa yang memiliki ide untuk menempatkan personel dalam jumlah besar di satu gedung, di mana bahkan orang bodoh pun mengerti bahwa meskipun mereka menyerang dengan artileri, akan ada banyak yang terluka atau tewas?"

Komandan "tidak peduli" tentang amunisi yang disimpan berantakan di medan perang, katanya.

Sebuah sumber yang dekat dengan pimpinan Donetsk yang dipasang Rusia mengatakan kepada Reuters, bahwa gedung itu telah menampung sekitar 300.000 atau lebih tentara yang dimobilisasi sejak September.

Banyak yang telah dikirim ke garis depan untuk mendukung kampanye 10 bulan, di mana Rusia telah diusir dari sebagian besar wilayah Ukraina yang telah direbutnya, dan dipaksa untuk mengganti banyak komandan seniornya.

Fakta bahwa begitu banyak dari mereka yang tewas bukanlah tentara sukarelawan, kemungkinan besar akan memicu kemarahan kerabat dan beberapa orang Rusia biasa yang diminta Presiden Vladimir Putin dalam pidato Tahun Baru untuk dukungan dan pengorbanan di bulan-bulan mendatang.

Outlet berita 63.Ru yang berbasis di Samara, mengutip gubernur daerah Dmitry Azarov yang mengatakan beberapa dari mereka yang terbunuh berasal dari wilayahnya, menyarankan kerabat yang bersangkutan untuk menghubungi pusat perekrutan setempat untuk mendapatkan informasi.