Forbes Rilis Daftar Orang Terkaya Indonesia: Hartono Bersaudara Masih Memimpin, Konglomerat Chairul Tanjung Naik ke Urutan 6
Konglomerat Chairul Tanjung. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA – Media global Forbes baru saja merilis daftar orang paling kaya di Indonesia jelang penutupan tahun. Dalam laporannya, media terkemuka dunia itu masih menempatkan Hartono Bersaudara di tempat teratas sebagai orang paling tajir di Republik Indonesia.

Disebutkan pula bahwa terjadi pergeseran peringkat dalam 10 besar daftar yang dirilis. Satu hal yang menarik adalah pengusaha senior Chairul Tanjung berhasil menyodok ke peringkat enam setelah sebelumnya bertengger di urutan sembilan.

Berikut adalah daftar lengkap 10 orang paling kaya di Indonesia versi Forbes Desember 2021.

1. Hartono Bersaudara

Duo kakak beradik yang menjadi pemilik konglomerasi Djarum Group ini tercatat memiliki harta tidak kurang dari 42,6 miliar dolar AS atau setara dengan RP609 triliun. Robert Budi Hartono dan Michael Hartono mendapatkan sebagian besar kekayaan ini dari PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) yang tidak lain adalah bank swasta dengan kapitalisasi keuangan terbesar di Indonesia.

Mereka berhasil mengendalikan BCA setelah mencaplok saham Salim Group saat terjadi krisis finansial pada 1997-1998. Linii usaha lain yang cukup terkenal dari Hartono Bersaudara adalah kepemilikan perusahaan Polytron yang merambah bisnis elektronik.

2. Keluarga Widjaja

Bagi kalangan pebisnis sejati mungkin tidak afdol jika belum mengenal sosok mendiang Eka Tjipta Widjaja. Dia adalah perintis usaha dari grup Sinar Mas yang telah malang melintang selama puluhan tahun di negeri ini.

Forbes mengatakan bahwa keluarga Widjaja menguasai harta tidak kurang dari 9,7 miliar dolar AS atau sekitar Rp138 triliun yang didapat dari bisnis utama pengolahan kertas. Sinar Mas juga diketahui melebarkan sayap usaha ke sektor perumahan, jasa keuangan, hingga layanan kesehatan dan telekomunikasi.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa sepeninggal Eka Tjipta, beberapa anaknya terlibat sengketa keluarga yang berpangkal dari persoalan hak waris.

3. Anthony Salim

Generasi kedua dari Keluarga Salim ini dinobatkan sebagai orang terkaya ketiga di Indonesia dengan taksiran harta sebesar 8,5 miliar dolar AS atau Rp121 triliun. Dia adalah ‘orang kaya lama’ yang sudah berhasil merengkuh kejayaan sejak era Presiden Soeharto.

Adapun, bisnis utama dari Keluarga Salim adalah pada pengolahan bahan makanan melalui bendera Indofood. Sebagai entrepreneur sejati, Anthony Salim kini mendiversifikasikan usahanya ke banyak sektor, yaitu telekomunikasi, perbankan, ritel, hingga bidang energi.

4. Sri Parkash Lohia

Berkecimpung dalam industri petrokimia menjadikan Sri Parkash Lohia menjadi orang tertajir keempat RI dengan kekayaan 6,2 miliar dolar AS yang setara Rp88 triliun.

Pengusaha keturunan Asia Selatan ini menjadikan Indorama sebagai korporasi utama ladang pengeruk cuan. Forbes menyebut bahwa meski memiliki kerajaan bisnis di Indonesia, Sri lebih memilih tinggal di Inggris. Sementara aktivitas teknis kepengurusan usaha diserahkan kepada anaknya Amit.

5. Prajogo Pangestu

Prajogo Pangestu merupakan salah satu konglomerat yang peduli terhadap sesama. Hal itu dia buktikan dengan menyumbang ribuan tabung oksigen untuk penanganan COVID-19 di dalam negeri maupun di luar negeri.

Kedermawanan Prajogo cukup masuk akal karena si empunya perusahaan Chandra Asri dan Barito Pacific ini ditengarai memiliki harta sebesar 6,1 miliar dolar AS atau kurang lebih Rp87 triliun.

6. Chairul Tanjung

Pengusaha senior RI yang kerap menyebut dirinya “Anak Singkong” ini adalah bos besar dari CT Corps. Chairul merupakan satu-satunya pengusaha muslim dalam jajaran 10 besar orang terkaya di Indonesia dengan valuasi aset mencapai 5,5 miliar dolar AS yang setara Rp78 triliun.

Dia sebelumnya menduduki peringkat sembilan dari daftar top ten. Akan tetapi, situasi pandemi nampaknya membuat beberapa lini usahanya tetap bertahan atau bahkan melakukan ekspansi strategis. CT, begitu sapaan akrab Chairul Tanjung, adalah sosok penting dari kehadiran Bank Mega, Transmart, hingga Trans Media.

7. Susilo Wonowidjojo

Sama seperti Hartono Bersaudara, Susilo Wonowidjojo berhasil merengkuh kejayaan finansial berkat bisnis pengolahan tembakau yang digeluti keluarganya sejak 1950. Melalui brand Gudang Garam, Keluarga Wonowidjojo disebut-sebut punya harta Rp68 triliun.

Menurut kabar, Susilo Wonowidjojo merupakan sosok penting yang menginisiasi pendirian Bandara Dhoho di Kediri, Jawa Timur. Tidak hanya itu, dia juga berkomitmen membangun sarana infrastruktur penunjang lainnya seperti pembuatan jalan bebas hambatan alias jalan tol.

8. Boenjamin Setiawan

Pendiri Kalbe Farma ini diklaim menjadi orang terkaya ke-8 dengan harta 4,2 miliar dolar AS atau Rp60 triliun. Merintis usaha farmasi sejak medio 60-an, pengusaha yang dikenal dengan nickname dr.Boen ini melebarkan sayap usaha ke berbagai sektor.

Salah satu yang paling diingat publik adalah pendirian Rumah Sakit (RS) Mitra Keluarga di 25 lokasi di seluruh Indonesia.

9. Jogi Hendra Atmadja

Bagi pecinta kuliner pasti familiar dengan Mayora. Yup, Jogi Hendra Atmadja adalah tokoh sentral dari kehadiran perusahaan pengolahan makan dan minuman Mayora. Entitas usaha yang mulai berkegiatan pada 1977 ini memiliki produk unggulan Kopiko dan Danisa and Roma yang telah diekspor ke 100 negara dunia.

Hari ini, Jogi dikabarkan mempunyai harta sebesar 4,1 miliar dolar AS atau tidak kurang dari Rp58 triliun. Asal tahu saja, salah satu lini usaha Mayora yang merambah sektor jasa keuangan disebutkan telah dicaplok oleh bank pemerintah BNI beberapa waktu lalu.

10. Bachtiar Karim

Punya kekayaan Rp50 triliun menjadikan Bachtiar Karim sebagai orang paling tajir kesepuluh di Indonesia. Harta tersebut mayoritas didapat lewat Musim Mas, sebuah perusahaan yang menjadi pengelola dan pengolah minyak sawit.

Perkebunan utama Bachtiar terletak di Sumatera Utara dan menjadi salah satu yang terbesar di negeri ini. Dia disebut-sebut juga memiliki kawasan properti prestisius di Singapura.