Kerutan Tipis Muncul di Sekitar Bibir, Apa yang Perlu Dilakukan untuk Mengatasinya?
Ilustrasi (Sora Shimazaki/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami perubahan fisik seperti kondisi kulit yang semakin kering dan munculnya keriput. Bahkan, keriput wajah tak hanya muncul di area mata dan dahi saja, tapi juga di sekitar bibir.

Oleh karenanya, melakukan perawatan kulit wajah untuk mencegah keriput di sekitar bibir, terutama saat memasuki usia 30-an akhir menjadi langkah awal yang tepat. Penasaran bagaimana cara merawat area bibir agar terhindar dari masalah keriput? Mari simak tipsnya di bawah, melansir dari Byrdie, Selasa, 30 Agustus.

Filler

Salah satu solusi paling umum menghilangkan tanda-tanda penuaan yaitu dengan suntikkan filler menggunakan asam hialuronat. Asam hialuronat berfungsi menjaga sel-sel kulit. Sayangnya, produksi asam hialuronat alami dalam tubuh berkurang secara signifikan seiring bertambahnya usia.

Untuk garis-garis halus di sekitar area mulut, filler disuntikkan di dasar kulit. Sehingga cairan asam hialuronat akan mengisi garis-garis halus dan membuatnya tampak alami. Tentu saja, jumlah filler berbeda-beda tergantung tingkat keparahan kerutan. Dokter kulit  akan membantu memutuskan dengan tepat area masalah mana yang ingin perlu ditangani.

Massage dengan minyak

Untuk perawatan di rumah yang mudah, Anda dapat melakukan perawatan wajah sederhana dengan massage menggunakan minyak khusus. Minyak dikenal karena manfaat anti-penuaan, kemampuannya melawan kerusakan sel akibat radikal bebas, dan juga kaya  akan antioksidan.

Anda dapat menggunakan ragam jenis minyak seperti minyak kelapa, minyak grapeseed, hingga minyak zaitun. Pijat secukupnya di area sekitar bibir menggunakan ujung jari dan biarkan semalaman.

Laser

Laser dapat digunakan untuk mengobati banyak masalah kulit, mulai dari bintik hitam, bekas jerawat, stretch mark dahingga garis-garis halus dan kerutan. Perawatan laser bekerja dengan menggunakan sinar cahaya atau energi berdenyut untuk menguapkan lapisan luar kulit yang tipis.

Sehingga pada akhirnya kulit akan menghasilkan kolagen sehingga kulit akan tampak lebih muda, halus, dan lebih lembut setelah perawatan ini. Ada banyak jenis perawatan laser dengan harga yang berbeda dan waktu henti yang diperlukan. Anda harus berkonsultasi dengan dokter kulit untuk menemukan perawatan tepat untuk Anda.

Serum kolagen

Seperti asam hialuronat, produksi kolagen dalam tubuh akan berkurang seiring bertambahnya umur. Kolagen adalah salah satu protein penting yang berfungsi menghilangkan kerutan dan kekeringan. Kolagen memainkan peran penting dalam menjaga jaringan ikat dan otot serta meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit.

Untuk mencukupi kebutuhan kolagen, Anda perlu memilih serum yang kaya akan kandungan kolagen di dalamnya. Oleskan setiap malam setelah cleansing dan toner lalu ikuti dengan penggunaan pelembab. Jadikan ini sebagai rutinitas sehari-hari untuk menghilangkan kerutan.

Microneedling

Seperti laser, microneedling bekerja dengan "memicu" kulit untuk memproduksi kolagen. Microneedling adalah proses menusuk kulit dengan jarum sangat halus dan kecil untuk menghasilkan kolagen baru dan mengencangkan kulit dari dalam.

Ini merupakan perawatan profesional yang hanya boleh Anda lakukan atas izin dokter kulit. Meski Anda bisa gunakan alat microneedling di rumah, namun jika digunakan dengan tidak benar, risiko mengalami infeksi jaringan parut semakin besar. Oleh karena itu sebaiknya gunakan tenaga profesional.