Marine Collagen untuk Wajah, Apa Saja Manfaatnya?
Ilustrasi (samson Katt/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kolagen merupakan sejenis protein yang dihasilkan tubuh. Kolagen bisa ditemukan dalam tulang, otot, tendon, ligamen, organ, pembuluh darah, usus, jaringan, dan kulit. Sayangnya, seiring pertambahan usia dimulai pada usia pertengahan 20-an, tubuh mulai memproduksi lebih sedikit kolagen

Pola makan buruk juga dapat menurunkan tingkat kolagen dalam tubuh. Ketika tubuh tidak menghasilkan banyak kolagen, maka tanda-tanda seperti kulit keriput, otot melemah, ligamen dan tendon kaku, nyeri sendi, hingga masalah pencernaan mulai muncul.

Karena kebanyakan dari kita tidak mendapatkan cukup kolagen melalui makanan, melengkapi dengan sumber kolagen yang berkualitas sangat penting guna menjaga kulit tetap sehat. Selain kolagen yang berasal dari hewan sapi maupun babi, Anda bisa coba konsumsi kolagen yang berasal dari ikan atau disebut juga marine collagen.

Kandungan bermanfaat ini seluruhnya berasal dari kolagen ikan, baik dari kulit ikan maupun sisik. Marine collagen memiliki tingkat penyerapan yang paling efisien dibandingkan dengan jenis kolagen lainnya. Komposisi dan struktur uniknya membawa banyak manfaat, khususnya marine collagen untuk wajah. Apa saja kira-kira manfaat tersebut?

Sama seperti kolagen lainnya, marine collagen dapat membantu menunda tanda penuaan seperti keriput dan masalah persendian, melansir WebMD, Kamis, 2 Februari. Selain manfaat anti-penuaan, marine collagen juga memberikan alternatif bagi orang-orang yang memiliki masalah dalam mengonsumsi kolagen dari daging sapi maupun babi.

Marine collagen juga dianggap sebagai alternatif ramah lingkungan. Industri perikanan seringkali memiliki banyak bahan baku yang tidak terpakai dari ikan yang mereka tangkap, termasuk kulit ikan untuk marine collagen.

Jadi marine collagen menawarkan pilihan yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan untuk perusahaan kosmetik. Alih-alih membuang kulit ikan, perusahaan dapat menggunakan kelebihan bahan tersebut untuk membuat produk perawatan kulit.

Hingga saat ini, para peneliti masih mempelajari efektivitas marine collagen sebagai suplemen. Lambung memecah sebagian besar makanan yang dimakan sebelum diserap ke dalam aliran darah. Sehingga, belum jelas apakah tubuh benar-benar mendapat manfaat dari suplemen kolagen atau tidak.

Meski marine collagen saat ini sedang populer untuk bahan perawatan kulit, dokter percaya bahwa perawatan lain seperti retinol, tretinoin, dan vitamin C bisa memberikan lebih banyak manfaat. Krim ini dapat membantu tubuh Anda membuat kolagen dan juga dapat menghilangkan peradangan yang dapat merusak kolagen alami tubuh.