6 Alasan Kenapa Kulit Mengelupas dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi alasan kulit mengelipas dan cara mengatasinya (Freepik/Anastasia Kazakova)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kulit mengelupas pada suatu waktu wajar dialami. Faktanya, rata-rata orang kehilangan lebih dari 50 kilogram kulit selama hidup. Ini bisa dipengaruhi perubahan cuaca atau karena perawatan kulit yang enggak cocok. Bisa juga karena peradangan sehingga menyebabkan pengelupasan saat mengempis. Nah, kalau tiba-tiba kulit Anda mengelupas, perhatikan alasannya berikut ini.

1. Terbakar sinar matahari

Jika Anda menemukan kulit memerah saat terpapar matari terik, selanjutnya mungkin akan mengelupas. Ini terjadi karena mekanisme perbaikan tubuh yang dirancang untuk melepaskan sel-sel mati kemudian meremajakan lapisan atas epidermis. Untuk mengatasi kondisi ini, dokter kulit Rita Linkner, MD., tak hanya dengan mengaplikasikan gel lidah buaya. Namun untuk perawatan lebih komprehensif, bisa mengaplikasikan produk yang mengobati luka bakar berbahan kalamin.

2. Kulit kering

Kulit dehidrasi merupakan kecenderungan yang dialami ketika tubuh Anda kekurangan cairan. Biasanya bisa dikarenakan cuaca, lingkungan dengan kelembapan rendah, dan kulit kehilangan minyak alaminya. Cara mengatasi masalah kulit kering, pastikan selalu memakai pelembap secara teratur. Penting juga mengeksfoliasi seminggu sekali atau maksimal dua kali yang tujuannya mengangkat lapisan teratas kulit dan meremajakannya kembali.

alasan kulit mengelupas dan cara mengatasinya
Ilustrasi alasan kulit mengelipas dan cara mengatasinya (Freepik)

Selain cara di atas, hindari mandi air panas dalam waktu yang lama. Kemudian, pakai humidifier untuk menjaga kelembapan ruangan dan memastikan kulit tidak kehabisan kelembapannya.

3. Eksim

Saat kulit mengelupas diikuti gatal dan memerah, mungkin Anda berurusan dengan eksim. Eksim disebabkan oleh kecenderungan genetik pada kulit yang tidak memperbaiki dirinya dengan baik. Kulit tidak bisa memproduksi ceramide yang menyatukan sel-sel kulit.

Untuk mengatasi kulit mengelupas karena eksim, bisa dengan mengoleskan produk berbahan dasar petrolatumyang benar-benar melindungi kulit. Krim pelembap juga perlu dipakai rutin dua kali sehari.

4. Psoriasis

Kondisi lain yang menyebabkan kulit mengelupas ialah psoriasis. Sebanyak 3 persen populasi mengalami psoriasis yang dikenal dengan munculnya plak keperakan pada siku dan lutut atau area lain. Agak sulit dibedakan efek kulit terlalu kering atau karena psoriasis. Meski gejalanya sama, cara mengatasi psoriasis harus mendapat resep obat topikal dari dokter kulit.

alasan kulit mengelupas dan cara mengatasinya
Ilustrasi alasan kulit mengelipas dan cara mengatasinya (Freepik)

5. Salah memakai produk skincare

Kalau kulit Anda mengelupas setelah memakai skincare tertentu, maka saatnya menyeleksi kembali skincare yang dipakai. Menurut dokter kulit bersertifikat, Sonia Batra, MD. dilansir Women’s Health, Rabu, 9 Agustus, produk skincare yang mengandung aroma dan warna dapat mengiritasi kulit. Maka untuk mencegah terulang lagi, pilih produk yang berlabel hipoalergik dan diformulasikan lembut untuk kulit.

Selain itu, Anda juga bisa memakai perawatan sendiri di rumah berbahan yoghurt yang membantu pergantian sel kulit. Cara pakainya, oleskan yoghurt tawar ke kulit kering selama 10 menit dan bilas memakai air hangat.

6. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak dapat menyebabkan peradangan pada kulit dan seringnya menyebabkan pengelupasan. Untuk mengatasi dermatitis kontak, bisa memakai salep steroid secara topikal. Salep kandungan ini bisa menyembuhkan serta menghindari penyebab alergen.

Selain delapan penyebab kulit mengelupas yang dijelaskan di atas, banyak faktor lain yang membuat kulit Anda bermasalah. Kalau keluhan pada kulit tak kunjung mereda setelah memakai cara sederhana mengatasinya, segera periksakan ke dokter kulit.