Simak, Ini Tata Cara Diet untuk Penderita Diabetes
Diet sehat/ilustrasi. (Freepik).

Bagikan:

NUSA TENGGARA BARAT - Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) dalam darah. Untuk menjaga kadar gula tetap normal, penderita diabetes disarankan untuk melakukan diet sehat.

Lantas, gimana caranya? Berikut kami sajikan informasi lengkapnya.

Tata Cara Diet untuk Penderita Diabetes

Dikutip VOI dari laman resmi Kementerian Kesehatan, berikut tata cera diet sehat bagi penderita diabetes. 

1.      Konsumsi Makanan yang Tinggi Serat dan Karbohidrat Kompleks

Makanan yang kaya akan serat dan karbohidrat kompleks sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Sebab, kedua makanan tersebut cukup lama diolah oleh saluran pencernaan. Kondisi ini menyebabkan kadar gula dalam darah tetap stabil.

Contoh makanan yang mengandung karbohidrat dengan serat tinggi adalah beras merah, kentang, roti gandum, buah-buahan, dan sayuran hijau.

2.      Jangan Lewatkan Sarapan

Sarapan adalah hal terpenting yang tak boleh dilewatkan oleh penderita diabetes. Pasalnya, sarapan membuat tubuh memperoleh energi yang pas, sehingga dapat menghindarkan nafsu makan berlebih saat makan siang. Pastinya kadar gula darah akan terjaga dengan baik.

3.      Makan dengan Teratur

Seorang penderita diabetes harus memperhatikan jadwal dan jumlah makanan yang dikonsumsi. Hal ini sangat penting untuk mengatur kadar glukosa agar tetap stabil.

4.      Konsumsi Ikan yang Mengandung Omega-3

Beberapa ikan seperti, tuna, salmon, kembung dan lain sebagainya mengandung omega-3 dalam jumlah yang besar. Bagi penderita diabetes, omega-3 berperan penting dalam mencegah terjadinya peradangan. Dengan begitu komplikasi diabetes akan terhindar.

5.      Olahraga Secara Teratur

Olahraga secara teratur juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah serta dapat menjaga kesehatan tubuh.

Ketika berolahraga, otot akan membutuhkan gula untuk membakar energi. Dengan begitu, insulin akan terbantu dalam pengolahan glukosa dalam tubuh.

Beberapa jenis olahraga yang disarankan bagi penderita diabetes yakni jalan kaki, berlari, berjalan cepat, dan bersepeda.

Baca terus VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan.