Supaya tidak Kecanduan, Perhatikan Cara Membatasi Penggunaan Media Sosial
Ilustrasi. (Freepik)

Bagikan:

NUSA TENGGARA BARAT – Cara membatasi penggunaan media sosial (medsos) wajib diperhatikan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Mengingat, penggunaan medsos yang berlebihan bisa menimbulkan dampak negatif.

Adapun beberapa dampak negatif dari penggunaan medsos yang berlebihan antara lain:

- Gangguan pengelihatan

- Mengganggu waktu tidur

- Meningkatkan depresi dan kecemasan

Oleh sebab itu, penting untuk membatasi penggunaan medsos supaya terhindar dari dampak negatif tersebut.

Cara membatasi penggunaan media sosial

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, berikut cara membatasi penggunaan media sosial.

1.      Batasi jumlah waktu

Agar tehindar dari dampak negatif, batasi jumlah waktu yang Anda habiskan di medsos setuap harinya. Terkait hal ini, Anda bisa menggunakan alarm untuk mengontrol penggunaan media sosial.

Ketika sudah terbiasa membatasi waktu, Anda telah mengatur diri sendiri untuk tidak ketergantungan terhadap social media.

2.      Gali informasi lain selain dari medsos

Media sosial dapat dimanfaatkan untuk mencari informasi ter-update. Apabila Anda menggunakan medsos untuk hal tersebut, maka carilah alternatif lain untuk mengakses sumber berita.

Anda bisa mencari informasi melalui kanal berita online, membaca Koran, atau menonton berita di televisi.

3.      Sibukkan diri dengan kegiatan bermanfaat

Menyibukkan diri dengan kegiatan bermanfaat dapat mengurangi intensitas Anda mengunjungi media sosial. Semakin Anda sibuk, semakin tidak ada waktu untuk bermain medsos.

Coba alihkan perhatian Anda pada olahraga atau kumpul bersama orang-orang terdekat, seperti keluarga, teman kerja atau sahabat karib.

Demikianlah 3 kiat mudah membatasi penggunaan media sosial. Kendati demikian, hal ini tidak serta merta menjadikan medsos sebagai sesuatu yang buruk. Social media tetap bermanfaat apabila digunakan secara bijak.

Anda bisa mendulang cuan dengan berjualan di medsos, membagikan informasi yang mendidik dan menarik, dapat terhubung kembali dengan teman-teman di masa lalu, dan lain sebagainya

Pembatasan penggunaan media sosial dilakukan supaya Anda tidak kecanduan dan terhindar dari dampaknya bagi kesehatan.

Selain informasi cara membatasi media sosial, simak berita terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan.